Hi, Welcome to my blog, enjoy reading.
RSS

Jumat, 07 Februari 2014

Efek Makanan Manis

Makanan manis memang enak, misalnya saja cokelat, kue-kue manis, permen dan sebagainya. Bahkan, tanpa Anda sadari, dalam sebotol soft drink ada kandungan gula yang sangat banyak. Walaupun enak, konsumsi gula dalam jumlah besar dapat membuat kulit cepat tua dan menimbulkan masalah kulit lainnya.
Dilansir dari Bonappetit, mengonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata, membuat kulit lebih kusam, kulit kering dan menyebabkan proses keriput lebih cepat. Hal ini diperparah bila seseorang senang mengonsumsi makanan manis sejak remaja. Proses penuaan lebih cepat terjadi, bahkan keriput keluar sebelum waktunya.

Dr Nicholas Perricone yang tergabung dalam penelitian mengatakan bahwa gula dan zat tepung yang dikonsumsi berlebihan dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan peradangan parah pada kulit. Karena itu, membatasi asupan gula dapat dilakukan demi mengembalikan kecantikan kulit.
Daripada makan kue kering dan soft drink, lebih baik makan buah segar yang manisnya alami dan lebih sehat.

Efek buruk makanan manis bagi kesehatan

Menyebabkan penuaan dini
Bahan utama untuk membuat makanan manis adalah gula. Kabar buruknya adalah bahwa gula dapat menyebabkan sel-sel kulit kita mengkerut dan bahkan mati. Dengan mengkerutnya sel-sel kulit akan dapat menyebabkan beberapa masalah kulit seperti jerawat, rambut berketombe, kerutan wajah dll.

Itulah mengapa dimasa sekarang ini banyak orang yang berusia muda namun tampak lebih tua dari usianya. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa kerutan pada wajah dan kulit yang terlihat kusam akibat mengkerutnya sel kulit yang disebabkan oleh gula.

Berat badan
Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu faktor utama yang menyebabkan kenaikan berat badan adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis. Apapun bentuk makanan itu, jika dimulut kita masih terasa manis maka sebaiknya kita menghindarinya karena makanan seperti itu dapat membuat berat badan kita naik dengan cepat dan dalam kondisi yang kurang sehat.

Minim kalori
Gula sama sekali tidak mengandung kalori. Seperti yang kita tahu bahwa setiap orang membutuhkan asupan kalori yang cukup agar memperoleh energi untuk beraktivitas. Nah, jika kita sedang merasa lapar sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan manis karena rasa kenyang dari makanan manis tidak akan bertahan lama. Disamping itu kita juga tidak akan mendapatkan energi apa-apa dari makanan manis tersebut.

Memperberat kinerja liver
Perlu kita ketahui bahwa gula tidak dapat diuraikan oleh tubuh kita. Gula dalam tubuh akan mengendap menjadi lemak yang pada akhirnya akan memperberat kinerja liver kita. Jika liver bekerja terlalu keras maka akan dapat menyebabkan rusaknya liver.

Kolesterol
Gula merupakan penyumbang kolesterol terbesar. Terlalu banyak kolesterol dalam darah akan dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti obesitas, gagal jantung, kanker dll.
 
sumber : http://www.vemale.com dan http://liebynews.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar