Hi, Welcome to my blog, enjoy reading.
RSS

Sabtu, 01 Februari 2014

Fakta Unik dari Permen Karet


1. Permen karet adalah salah satu permen tertua didunia. Selama ribuan tahun, orang telah menikmati banyak manfaat mengunyah permen karet, damar, dan lateks dari tanaman.
2. Permen karet komersial pertama bermerek State Of Maine Spruce Gum diperkenalkan pada tahun 1848 oleh Jhon B. Curtis.
3. Permen karet yang dipatenkan pertama kali dibuat oleh William F. Semple, seorang dokter gigi dari Ohio, pada tahun 1869.
4. Permen karet pertama yang bisa menggelembung diciptakan Frank Henry Fleer pada tahun 1906. Dia menyebutnya Blibber-Blubber. Namun, permen karet ini terlalu lengket untuk dijual. Kemudian resep Fleer ini disempurnakan Walter Diemer yang menyebut produknya Double Bubble.

5. Pada awal 1900-an, William Wrigley Jr. adalah orang pertama yang mengiklankan permen karet buatannya. Dua merek permen kaet buatannya yang paling laris, yaitu Wrigley Spearmint dan Juicy Fruit, bahkan masih diproduksi hingga kini.
6. Selama perang dunia II, personel militer AS menyebarkan popularitas permen karet dengan menjual dan memberikannya sebagai hadiah kepada orang-orang di Eropa, Afrika, Asia, dan seluruh dunia.
7. Gelembung permen karet terbesar didunia berdiameter 58 cm. Gelembung ini diciptakan oleh, Susan Montgomery William dari Fresno, California, pada 19 Juli  1994.
8. Permen karet pertama kali dibuat berwarna merah muda karena itu adalah satu-satunya pewarna yang dimiliki penciptanya.
9. Negara produsen permen karet terbesar didunia adalah Turki, dengan lebih dari 60 produsen. Peringkat keduanya adalah Amerika Serikat.

.
10. Gary Duschl tercatat dalam Guinnes World Record sebagai pembuat rantai terpanjang dari bungkus permenkaret. Pada 6 Maret 2010, rantai buatannya mencapai panjang 19,3 km, terbuat dari 1.499.999 bungkus permen karet. Kemudian pada 11 November 2011, panjang rantai buatannya menjadi 21,2 km, tersusun dari 1.651.463 bungkus permen karet.
11. Permen karet tanpa gula atau bebas gula pertama kali dipasarkan pada tahun 1950-an.
12. Selama karirnya, Michael Jordan rutin mengunyah permen karet DoubleMint untuk membantunya berkonsentrasi.
13. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan memori. Psikolog Inggris menemukan bahwa orang yang mengunyah permen karet memperoleh nilai tes yang lebih tinggi, baik pada tes memori jangka panjang maupun jangka pendek.
14. Dave Grohl, pendiri dan vokalis Foo Fighters, mengunyah permen karet saat tampi karena ia merasa mulutnya tetap basah dan pita suaranya segar.
15. Mengunyah permen karet saat memotong bawang dapat mencegah keluarnya air mata.
16. Singapura adalah negara yang melarang keberadaan permen karet. Dendanya bahkan bisa lebih dari 6.000 dolar.
17. Mengunyah permen karet di pesawat terbang akan mencegah telingamu sakit akibat ketinggian. Mengunyah permen karet menyebabkan kelenjar ludah air liur 250% lebih banyak dari biasanya sehingga kita akan lebih banyak menelan. Ini dapat membantu menyeimbangkan tekanan didalam rongga telinga.
18. jika kamu memberikan permen karet pada seekor monyet, ia akan mengunyahnya selama beberapa menit, kemudian menempelkannya ke rambut.
19. Potongan permen karet tertua yang pernah ditemukan sampai saat ini berusia 9.000 tahun.
20. Perusahaan Wrigley yang terkenal denga produk permen karet awalnya menjual sabun gosok, dan soda kue.
21. Banyak dokter gigi merekomendasikan mengunyak permen karet bebas gula kepada pasiennya karena dapat memperkuat gigi dan gusi.
22. Awalnya, dokter melarang mengkonsumsi permen karet karena mereka khawatir mengunyah permen karet akan melekatkan usus-usus.
23. Pada tahun 1944, terdapat sebuah insiden aneh. Seorang pria di Philadelphia kehilangan beberapa giginya ketika sepotong permen karet meledak di mulutnya.
24. Pada tahun 1940, permen karet begitu populer. Bahkan permen ini ikut disertakan sebagai ransumtentara AS.
25. Apakah kamu ingin membuat gelembung besar dari permen karet? Kunyahlah lima potong permen karet kemudian tambahkan satu sendok teh selai kacang dan kunyah selama lima menit untuk melarutkan gula. Sebelum permen karet kaku, buatlah gelembung dengan meniupnya secara perlahan didalam ruangan yang tak berangin. Gunakan satu tanganmu untuk menopang gelembung yang sudah membesar.
26. Richard Walker adalah pemegang rekor pengunyah permen karet terbanyak dan terlama pada tahun 1954. ia mengunyah 135 permen karet selama 8 jam, mengalahkan permen karet selama 8 jam, mengalahkan rekor sebelumnya 80 permen karet selama 5 jam 12 menit. 

sumber :diiinaaafauziyyah.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar